Cara Dapatkan Profit Tanpa Jualan

Cara Dapatkan Profit Tanpa Jualan – Mungkin banyak yang tergiur sejak lama dengan digital marketing. Yaa, memang digital marketing itu tidak selalu tentang Facebook Ads, Website, Google Analytics dan hal-hal teknis lainnya.

Jika Anda adalah influencer, atau setidaknya seorang pegiat media sosial yang memiliki banyak teman (atau follower), Anda punya potensi untuk mendapatkan uang dari dunia digital tanpa berjualan. Yaitu affiliate marketing.

Apa sih Affiliate Marketing?

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah upaya memasarkan produk dengan konsep WOM (Word of Mouth) atau biasa dikenal dengan mulut-ke-mulut. Konsep dasarnya adalah merekomendasikan.

Jangan salah, banyak lho influencer seperti youtuber dan selebgram melakukan hal ini.

Biar gak bias, baca deh Affiliate Vs Endorsement Vs Brand Ambassador

Jadi, bagaimana caranya?

1. Kenali Minat Anda

Cara dapatkan uang tanpa jualan yaitu Anda kenali minat Anda terlebih dahulu. Iya ini tentang diri Anda dulu. Seringnya, kita bisa luwes banget merekomendasikan sesuatu yang membuat kita tertarik, atau bahkan sudah coba, sehingga kita benar-benar tahu product knowledge-nya.

Semua dari kita seharusnya setuju, melakukan, mempelajari, memahami, bahkan eksplorasi hal yang tidak kita minat akan menyiksa diri kita sendiri. Ini bukan pekerjaan kantor, jadi Anda tidak perlu memaksakan diri.

Setelah sadar apa minat Anda, mulailah membiasakan diri untuk berbagi informasi tentang hal tersebut. Banyak gabung komunitas/grup di media sosial untuk menambah teman yang minatnya sama.

Di tahap ini, misi Anda adalah membangun personal brand. Yaitu “Saya adalah gamer” misalnya. Biarkan teman, follower, siapapun, mengenal Anda sebagai gamer.

2. Eksplorasi

cara dapatkan uang tanpa jualan
source top-football.by

Eksplorasi juga salah satu cara dapatkan uang tanpa jualan. Bagian ini cakupannya agak luas sih. Eksplorasi berarti Anda banyak mencari-cari, banyak baca, banyak coba, atau mungkin sering trial & error.

Misalnya dalam sebuah hobi, Anda tertarik dengan game. Sebagai gamer, pasti Anda sudah mencoba banyak jenis laptop, banyak komponen komputer (prosesor, VGA, RAM, HDD dll), keyboard, mouse, headphone dan/atau kursi gaming kan?

Pencarian berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu toko mana yang membuka program afiliasi, atau setidaknya program referral. Kemudian JOIN.

3. Mulai Bicara Tentang Produk/Brand tersebut

Cara dapatkan profit tanpa jualan yang bisa Anda aplikasikan yaitu mulailah bicara mengenai produk/brand tersebut. Tentunya Anda sudah sangat mengerti apa saja data yang dibutuhkan jika seseorang ingin membeli sebuah mouse.

Mouse apa ya yang nyaman buat main game A?

Langsung jawab aja: “Pakai produk ini saja, DPI bisa diatur, laser bisa di atas kaca, genggaman mantap, dan wireless juga.” kemudian sertakan link afiliasi Anda.

Anda juga bisa buat status berupa review. Misalnya Anda berbagi pengalaman ketika menggunakan suatu produk. Anda bisa sebutkan apa saja keunggulannya, apa saja kelemahannya.

Di tempat-tempat strategis, Anda bisa sematkan tombol yang berisikan hyperlink ke link afiliasi Anda, agar siapapun yang tertarik dengan produk yang Anda review, bisa tahu dimana membelinya.

4. Pelajari Statistik Trafik Anda

cara dapatkan uang tanpa jualan
source bagaimana.web.id

Ya namanya juga digital marketing ya, gak akan lepas dari angka-angka. Biasanya sebagai afiliasi, Anda akan memiliki dashboard khusus untuk periksa berapa banyak orang yang klik link Anda, dan ada berapa yang sampai membeli barang melalui link Anda.

Sebagai affiliate, Anda akan mendapatkan komisi setiap terjadi penjualan. Artinya, Anda tidak akan dapat apa-apa jika tidak ada penjualan.

Semakin kuat personal branding Anda, maka semakin banyak orang dengan minat yang sama yang akan follow Anda. Semakin banyak Anda berbagi informasi, semakin besar kepercayaan orang terhadap Anda. Nah, semakin besar kepercayaan orang terhadap Anda, maka semakin banyak orang yang membeli produk yang Anda rekomendasikan.

Sesuai judul, Anda tidak menjual barang. Anda cukup membagikan informasi dan merekomendasi.

Jadi, cara dapatkan profit tanpa jualan yang bisa Anda aplikasikan diantaranya, yaitu; Anda bisa gunakan blog, channel Youtube, media sosial (Facebook, Instagram, Linkedin dll) sebagai channel/ platform yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai berbagi informasi dan rekomendasi.

Share:

Artikel Lainnya

Sejoli Shortcodes

Plugin Wordpress Serba Guna Untuk Kreasikan Membership Sejoli Anda. SEPUASNYA!

Belajar Hal Baru:

Profitable Sales Page

Sales Page yang tidak mendatangkan Sales memang akhirnya membuat putus asa. Ada teknik dan trik sendiri untuk mengoptimalkan sales page yang akan kita iklankan. Semua dibahas di dalam ecourse ini, mulai dari pengetahuan dasar, mendapatkan website dan domain, mendesain, strategi marketing hingga optimasinya.

Cek Ecourse »

Melek Funnel Digital Marketing

Pada dasarnya, funnel bukan hanya untuk marketing, baik offline maupun online. Funnel juga ada di segala lini kehidupan kita. Funnel adalah hal yang tanpa kita pikirkan pun tetap akan eksis atau ada. Jika kita mengerti cara kerjanya dan merekayasa alur funnel tersebut, kita bisa mengoptimalkan penjualan dari digital marketing, terutama dari iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads, dan Ads lainnya.

Cek Ecourse »

Instant Viral Ads

TikTok Ads adalah platform baru untuk iklan berbayar. Menariknya, TikTok Ads memiliki lautan audience yang unik dan masih sangat FRESH. TikTok Ads sangat bisa menjadi alternatif beriklan maupun menambah channel marketing Anda. Apalagi, advertiser yang beriklan di TikTok masih terhitung sedikit dibandingkan platform lainnya. Ini kesempatan Anda!

Cek Ecourse »

Dasar Membuat Website Bisnis

Belum menggunakan website dalam berbisnis online, atau menumpang di platform website siap pakai tentu saja punya batasan sendiri. Padahal jika kita menguasai sedikit saja tentang server dan pembuatan website, kita dapat menghemat dana hingga jutaan.

Cek Ecourse »